ARTIKEL HUBUNGAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DENGAN EKONOMI BANGSA

“MAJUNYA IPTEK MEMBAWA PERUBAHAN EKONOMI”

 

            IPTEK adalah akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Yang dimaksud dengan atau pengertian tentang ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya diatur menurut suatu tingkah laku sistem. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu. Sedangkan teknologi, teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne, yang berari pekerjaan, dan logos, berarti suatu studi peralatan, prosedur dan metode yang digunakan pada berbagai cabang industri. Ilmu pengetahuan mempunyai teori-teori atau rumus-rumus yang tetap, dan teknologi merupakan praktek atau ilmu terapan dari teori-teori yang berasal dari ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi saling berhubungan. Jika tidak ada ilmu pengetahuan, teknologi tidak akan ada. Jadi IPTEK adalah suatu jalan dimana yang fungsinya sendiri untuk membantu segala jenis kebutuhan manusia, agar sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dengan sarana pemikiran manusia dan penciptaan alat-alat yang dapat mendukung kegiatan praktis. Sedangkan yang dimaksud dengan ekonomi bangsa dalam hal ini menyangkut kegiatan perekonomian di suatu bangsa, dimana ekonomi adalah kebutuhan manusia, maka siapa yang dapat menguasai perekonomian, dialah yang memegang kekuasaan.

Perkembangan IPTEK telah membawa dampak yang pesat bagi peradaban manusia. Jenis pekerjaan yang memerlukan tenaga fisik yang besar kini telah digantikan oleh mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Singkatnya, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam globalisasi tak terhindarkan lagi merasuk ke semua masyarakat bangsa-bangsa di dunia. Sarana transportasi dan komunikasi sangat mendukung arus globalisasi ini. Kebudayaan masyarakat tidak lagi bersifat subsisten, tetapi sudah berubah ke arah orientasi pasar. Zaman sekarang banyak yang menjadikan perusahaannya multi nasional. Pertimbangan utama yang mendorong perusahaan mengembangkan usahanya menjadi perusahaan multinasional adalah upah tenaga kerja yang rendah, biaya pengangkutan yang rendah, sumber bahan baku tersedia. cukup dan mudah diperoleh.

Dalam bidang ekonomi, IPTEK berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, terjadinya industrialisasi, produktivitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

Manfaat lain adalah persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

Disamping itu, perkembangan IPTEK juga mempunyai dampak negatif, antara lain yakni terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.

Berdasarkan uraian  materi diatas dapat diperoleh kesimpulan bahwa teknologi dipergunakan untuk mengelola data, meliputi di dalamnya memproses, mendapatkan,  menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Fungsi utamanya ialah memudahkan manusia berkomunikasi. Apabila komunikasi terjadi maka terjadilah saling hubungan (interconnection) dan interaksi di antara semua pihak yang terlibat sehingga pesan, ide, harapan, keinginan, pengetahuan dapat tersampaikan dengan cepat. Adapun teknologi berperan dalam membantu meningkatnya produktivitas, efektivitas dan efesiensi dari informasi.

Teknologi sangat berpengaruh sekali terhadap segala bidang dan aspek apapun contohnya seperti dampaknya terhadap perekonomian. Teknologi bisa mempengaruhi, karena kemajuan teknologi bisa meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.

Sumber : http://thoifahasriandini.blogspot.co.id/2015/10/artikel-hubungan-perkembangan-ilmu.html