PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK

Dengan semakin pesatnya perkembangan zaman, maka teknologi pun kian berkembang. Untuk itulah penulis bermaksud menjelaskan tentang adanya kemajuan teknologi terhadap perkembangan anak. Dapat kita ambil suatu contoh teknologi informasi yang mana setiap kalangan baik masyarakat maupun pemerintah sangat membutuhkannya seperti telepon selular, internet dan masih banyak yang lainnya. Namun terkadang teknologi yang kian maju tersebut menjadi salah guna oleh masyarakat dan pemerintah. Kemajuan teknologi kadang ada membawa segi positif dan ada pula segi negatifnya.

Kalau kita perhatikan dari segi positif, kemajuan teknologi seperti yang kita rasakan sekarang seperti telepon seluler dapat digunakan sebagai penghubung antar daerah tanpa harus menunggu terlalu lama. Sedangkan kemajuan teknologi untuk internet, masyarakat dan pemerintah dapat menggunakannya untuk mencari informasi tentang apa yang dibutuhkannya.

Sedangkan kalau kita perhatikan dari segi negatifnya, kemajuan teknologi terutama internet terkadang disalah gunakan oleh masyarakat. Seperti halnya anak-anak sekarang yang kebanyakan melihat adegan porno yang akhirnya berakibat fatal bagi mereka. Seperti perbuatan pencabulan yang belum sepantasnya dilakukan oleh kalangan anak-anak. Terkadang mereka tidak memahami akibat yang akan ditimbulkan dari apa yang telah mereka lakukan.

Kalau kita perhatikan, sudah berapa banyak anak-anak yang telah menjadi korban akibat melihat adegan yang belum sepantasnya ditonton oleh anak-anak yang masih dibawah umur. Dari sinilah kita dapat melihat dan member bimbingan terhadap anak-anak terhadap dampak kemajuan teknologi yang kian berkembang. Tak jarang pula kita mendengar melalui media baik cetak maupun elektronik, bahwa telah banyak anak-anak yang menjadi korban pencabulan bahkan tidak tanggung-tanggung adalah peristiwa pemerkosaan yang dilakukan oleh anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah.

Untuk itu kita sebagai orang tua perlu memberikan bimbingan kepada anak-anak tentang apa yang menjadi tujuan terjadinya kemajuan teknologi. Jangan pernah kita membiarkan anak-anak kita menjadi korbang akibat adanya kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

Namun kadang kala kita sering dikatakan ketinggalan zaman  jikalau kita tidak megetahui arti dan pentingnya sarana komunikasi tersebut. Bisa kita lihat sebagai contoh dikota-kota besar, sudah banyak anak-anak yang putus sekolah akibat dari kurangnya bimbingan dari orang tentang adalanya kemajuan teknologi. Padahal kemajuan teknologi sangat besar manfaatnya dalam kehidupan kita sehingga dapat membantu kita dalam mencari berbagai informasi yang sangat kita butuhkan.

Dapat kita perhatikan pada gambar III, dimana anak-anak sekarang terkadang kurang mau mengikuti pelajaran disekolah akbat seringnya bermain play station baik dirumah maupun ditempat yang menyediakan rental play station. Disinilah perlunya bimbingan orang tua terhadap anak-anak agar jangan terlalu larut dalam mengikuti perkembangan zaman yang diiringi dengan majunya teknologi. Kita dapat menganjurkan kepada anak-anak untuk selalu mencari informasi guna menunjang pendidikan.

Namun terkadang disaat kita menganjurkan anak-anak untuk tidak menyalahgunakan kemajuan teknologi, kebanyakan anak-anak tidak mau mendengarkan apa yang kita anjurkan. Sikap mereka lebih banyak yang acuh terhadap kita. Mari sama-sama kita tunjukkan kepada anak-anak tentang arti dan pentingnya kemajuan teknologi.