Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Dan Generasi Muda

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Yang Mahakuasa Tuhan YME atas nikmat sehat dan luangnya waktu yang menyertai proses penyusunan makalah ini sehingga makalah ini dapat disusun dan selesai sesuai dengan cita-cita dan waktu yang ditetapkan. Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW.

Penyusunan makalah ini selain sebagai episode dari peran sekolah (mata kuliah) tentunya besar cita-cita kami makalah ini dapat dijadikan sebagai media sosialisasi akan dampak ancaman narkoba baik bagi bagi kesehatan tidak lain bertujuan untuk mensosialisasikan ihwal ancaman narkoba dikalangan pelajar dan generasi muda dan yang terakhir kami sebagai penulis tidak lupa mohon saran dan kritik dari segala kekurangan baik itu dari isi atau kosa kata yang terdapat pada makalah ini.

Narkoba dan Narkotika yang sejatinya ialah zat yang digunakan dalam dunia medis untuk banyak sekali pengobatan namun seiring waktu berbalik menjadi ancaman dan memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan dan mental manakala digunakan tidak sesuai dengan dosis dan tujuan semestinya. Tidak hanya buruk bagi kesehatan dan perkembangan mental pelakunya namun juga berdampak pada lingkungan sosial dengan meningkatnya kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari zat narkoba
          Pelajar dan generasi muda secara umum memiliki semangat dan visi yang melahirkan ide-ide kreatif untuk perkembangan individu maupun untuk lingkungan sosial namun disisi lain usia sampaumur ialah masa pencarian jati diri yang sedikit banyak menghipnotis pola fikir dan mudah terbawa arus dan terpengaruh hal-hal yang negatif yang salah satunya ialah penyalahgunaan narkoba
          Seiring perkembangan informasi yang begitu pesat, perkembangan akan peredaran narkoba sudah pada tahap kritis dan sangat mengkhawatirkan. Terlebih lagi yang menjadi target dan incaran para pengedar tidak lain ialah usia muda yang memiliki emosi labil yang mudah di pengaruhi dengan berkedok animo dan zaman

Pengertian Narkoba Menurut BNN

Narkoba ialah kependekan dari Narkotika dan obat/bahan berbahaya. Dalam istilah lain yang diterangkan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia adalah napza yang merupakan kependekan dari Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif. Dari kedua istilah ini baik “narkoba” napza” semua mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki resiko kecanduan bagi pengunanya.

Pengertian narkoba menurut para ahli

  1. Pengertian narkoba menurut Kurniawan (2008). Narkoba ialah Zat kimia yang dapat mengubah psikologi mirip perasaan, fikiran, suasana hati serta prilaku jikalau masuk kedalam tubuh insan baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena dan lain sebagainya.
  2. Pengertian narkoba menurut Jackobus (2005). Narkoba ialah zat atau obat yang berasal dari tanaman dan bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa dan dapat menimbulkan ketergantungan.
  3. Pengertian narkoba menurut Ghoodse (2002). Narkoba ialah zat kimia yang diharapkan untuk merawat kesehatan, ketika zat tersebut masuk kedalam organ tubuh maka terjadi satu atau lebih perubahan fungsi didalam tubuh. lalu dilanjutkan lagi ketergantungan secara fisik dan psikis pada tubuh, sehingga bila zat tersebut dihentikan pengkonsumsiannya maka akan terjadi gangguan secara fisik dan psikis.
  4. Pengertian narkoba menurut Wresniwiro (1999). Narkoba ialah zat atau obat yang dapat menyebabkan ketidaksadaran atau pembiusan, alasannya ialah zat-zat tersebut bekerja menghipnotis saraf sentral.
  5. Pengertian narkoba menurut Wartono (1999). Narkoba ialah dampak yang ditimbulkan antaralain dapat berupa gangguan konsentrasi dan penurunan daya ingat bagi pemakai, sedangkan dampak sosialnya dapat menimbulkan kerusuhan di lingkunan keluarga yang menyebabkan relasi pemakai dengan orang renta menjadi renggang, serta menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan mirip pencurian atau penodongan.
  6. Pengertian narkoba menurut Ikin A.Ghani, Narkoba ialah berasal dari kata Narkon yang berasal dari bahasa yunani yang artinya beku dan kaku. Dalam ilmu kedokteran juga dikenal istilah Narcoseatau Narcicis yang berarti membiuskan.
  7. Pengertian narkoba menurut Soerdjono Dirjosisworo, Narkoba ialah zat yang mampu menimbulkan pengaruh tertentu bagi yang menggunakannya dengan memasukkan kedalam tubuh,  pengaruh tersebut mampu berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat dan halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan. Sifat-sifat tersebut yang diketahui dan ditemukan dalam dunia medis bertujuan dimanfaatkan bagi pengobatan dan kepentingan insan dibidang pembedahan, untuk menghilangkan rasa sakit dan lain-lain.
  8. Pengertian narkoba menurut Smith Kline dari French clinical (1968). Narkoba ialah zat-zat atau obat yang dapat menyebabkan ketidaksadaran atau pembiusan dikarenakan zat-zat tersebut bekerja menghipnotis susunan saraf sentral. Dalam definisi ini sudah termasuk jenis candu dan turunan candu (morphine, codein, heroine) dan candu sintesis (Meperidinedan  Metadone).
  9. Pengertian narkoba menurut B. Simanjuntak, Narkoba berasal dari kata “Narcissus” sejenis tumbuh-tumbuhan yang mempunyai bunga yang dapat membuat orang menjadi tak sadar.

Pengertian narkoba menurut pakar kesehatan
Menurut pakar kesehatan Narkoba ialah Psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien ketika hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. namun persepsi itu disalahgunakan akhir pemakaian yang melibihi batas (over dosis)

Jenis-Jenis Narkoba

1. Narkotika : Jenis dari narkotika ini terbagi lagi diantaranya:

Opium atau Opiat (Candu) : Merupakan golongan narkotika alami yang biasanya sering digunakan dengan cara dihisap

Morfin : Merupakan zat aktif (Narkotika) yang diperoleh dari candu melalui proses kimia yang mana cara     pemakaiannya disuntik di bawah kulit , ke dalam otot atau pembuluh darah

Heroin atau putaw : Merupakan golongan narkotika semisintetis yang dihasilkan dari pengolahan morfin secara kimiawi melalui 4 tahapan sehingga diperoleh heroin paling murni berkadar 80%-90%. Meskipun heroin ini ialah hasil pengolahan dari morfin namun zat ini sangat mudah menembus otak dan memiliki reaksi yang lebih berpengaruh dari morfin itu sendiri

Ganja atau kanabis : Berasal dari tanaman kanabis sativa dan kanabis indica, pada tanaman ini terkandung 3 zat utama yaitu tetrahidrokanabinol, kanabinol, dan kanabidiol. Cara penggunaannya dengan dihisap dipadatkan mirip rokok atau menggunakan pipa rokok

2. Psikotropika : Jenis-jenis dari psikotropika ini diantaranya :

Ekstasi – Demerol  – Angel Dust – Sabu-sabu – Sedatif-Hipnotok (Benzodiazepin/BDZ) – Megadon – Nipam

3. Zat Adiktif : Zat Adiktif merupakan zat-zat yang apabila dikonsumsi secara rutin akan menyebabkan ketagihan diantaranya: Alkohol, Nikotin, Kafein, Zat Desainer

                Selain ancaman narkoba bagi kesehatan, narkoba juga berdampak pribadi terhadap lingkungan sosial terutama generasi muda yang dikenal memiliki emosi yang labil sehingga sangat rentan dan mudah untuk terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Banyak kasus dari pecandu narkoba ialah dari kalangan sampaumur dan alasannya beragam diantaranya menggunakan narkoba untuk keluar dari permasalahan yang dihadapi, hanya untuk coba coba, mengikuti gaya hidup dari pergaulan dan masih banyak alasan yang sangat tidak sebanding dengan resikonya yang tentu saja berkaitan dengan menurunnya kesehatan hingga kematian, hilangnya kreatifitas, terganggunya proses berguru baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal.

                Upaya pencegahan penggunaan narkoba dapat dimulai dari lingkungan terdekat yaitu keluarga dan berikutnya ialah lingkungan pergaulan, lingkungan pendidikan hingga pada lingkungan organisasi jikalau perlu.
Di linkungan keluarga peran aktif orang renta sangat diharapkan baik itu dengan menunjukkan pemahaman ihwal ancaman narkoba ataupun dengan mengarahkan pada acara positif, begitu juga dengan lingkungan pendidikan hendaknya diadakan sosialisasi anti narkoba baik itu berupa peran pembuatan makalah, pentas seni dan budaya dengan tema anti narkoba dan masih banyak lagi ide-ide yang mampu digunakan untuk mensosialisasikan ancaman narkoba.

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa narkoba ialah zat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan kecanduan pada penggunanya dan narkoba memiliki banyak jenis dan efek negatif sesuai dengan jenisnya. Dampak negatif dari penggunaan narkoba ialah menurunnya kesehatan bahkan kematian dan hilangnya kreatifitas dan potensi yang dimiliki oleh cowok sebagai generasi penerus.

                    Penyalahgunaan narkoba dapat dihindari dengan banyak cara dimulai dari lingkungan keluarga, lembaga pendidikan dan lingkungan sosial. Pentingnya sosialisai anti narkoba juga dapat menunjukkan pemahaman dan mencegah semenjak dini dari penggunaan narkoba.

3.2 Saran

                    Pesatnya dunia informasi hendaknya disikapi dengan positf dan bijak begitu juga dalam memilih lingkungan pergaulan ialah salah satu cara paling efektif untuk terhindar dari maraknya penggunaan narkoba. Kesehatan ialah anugerah yang patut kita jaga dan syukuri, dengan tubuh yang sehat tentunya akan lahir wangsit dan kreatifitas dan semua itu tentu sangat mustahil dapat terwujud jikalau otak kita dipengaruhi zat narkoba. Tidak logis jikalau kesehatan dan kreatifitas ditukar dengan kenikmatan semu penggunaan narkoba apapun alasannya.

Daftar Pustaka

Badan Narkotika Nasional Indeks Pengertian Narkoba
Depkes, directorat kesehatan jiwa masyarakat, informasi penanggulangan penyalahgunaan narkoba secara terpadu, anutan bagi keluarga, 2001
Badan Narkotika Dalam Penanggulangan Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja . Jakarta : Prestasi Pustaka Publishr
Wikipedia Page Artikel Narkoba
Kartono, Kartini 1992 Patologi II Kenakalan Remaja Jakarta : Rajawali

http://ikhsanpedia.com/contoh-makalah-bahasa-indonesia-tentang-bahaya-narkoba/