Librarian is Choice

DSC_6923

Pustakawan merupakan salah satu profesi yang ada dari sekian banyak profesi di Indonesia maupun dunia. Akan tetapi profesi ini memang belum sepopuler profesi lainnya, anggapan ini terutama terjadi di Indonesia, walaupun kenyataannya profesi pustakawan sebetulnya bisa menjadi profesi yang menjanjikan dan patut diperhitungkan. Hal ini tergantung dari seberapa besar peranan kita sebagai pustakawan dalam memajukan dan membuat setara dengan profesi lainnya. Jabatan sebagai pustakawan bisa diraih setinggi-tingginya. sesuai dengan keinginan dan kemampuan diri serta pengembangan diri dari masing-masing pustakawan. Menjadi pustakawan merupakan peluang bagi semua orang yang ingin mengembangkan karir dan posisinya di perpustakaan. Untuk itu pustakawan harus mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam kegiatan pekerjaan dan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kepada masyarakat pengguna perpustakaan sehingga masyarakat menyadari bahwa profesi pustakawan itu sangat penting dan dibutuhkan dalam mencerdaskan bangsa melalui penyediaan informasi.

Menjadi seorang pustakawan adalah merupakan pilihan saya, yang sebelumnya bukan merupakan sebuah cita-cita di waktu kecil. Pada awal saya bekerja bukan di bagian perpustakaan dan kemudian dengan berjalannya waktu saya ditempatkan di perpustakaan. Semenjak ditempatkan di perpustakaan saya menekuninya dan mengembangkan diri saya dengan melanjutkan kuliah di bidang perpustakaan. Akhirnya saya bisa menikmati apa yang sudah saya pilih, dan saya mulai berkarir di perpustakaan walaupun belum ada prestasi. Saya menikmati pekerjaan yang menjadi pihan saya dan Allah telah menetapkan saya untuk bekerja di perpustakaan yang dari awalnya tidak ada sama sekali dalam angan-angan saya. Dan apa yang sebelumnya tidak ada dalam keinginan dan akhirnya menjadi suatu pilihan adalah merupakan kehendak Allah. Karena semua itu adalah kemauan saya untuk bekerja di perpustakaan dan menjadi pustakawan.
Bicara tentang pilihan, semua yang ada di dalam kehidupan ini adalah pilihan kita mau menjadi pustawan lainnya ada pilihan kita. Olej karena kita sudah memilih apa yang kita pilih, kita harus bisa berkarir dan menjalani apa yang sudah menjadi pilihan kita. Dengan rasa senang dan penuh tanggung jawab. Jika pada akhirnya menemui keberhasilan atau kegagalan dalam menjalaninya maka itu merupakan kehendak Allah, dan kita tidak usah pusing memikirkannya, yang terpenting didalam kita menjalani apa yang sudah menjadi pilihan kita, kerjakanlah dengan semaksimal mungkin sesuai ketentuan dengan tidak melanggar aturan dan ketentuan Allah SWT (syariat Islam)

Akan tetapi terkadang kebanyakan diantara kita tidak bisa menikmati dengan apa yang sudah menjadi pilihan kita dan yang sudah diberikan pada kita. Misalnya masih banyak hal-hal yang kurang kita syukuri. Hal ini membuat kita tidak bisa maksimal dalam mengerjakan pekerjaan. Padahal apabila mereka tahu maka pilihan yang telah ambil tersebut akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT. Misalnya dalam memberikan pelayanan harus dengan semaksimal mungkin, begitu juga dengan menyediaan informasi bagi pengguna perpustakaan. Dan sebagai pustakawan juga harus mempunyai kreativitas dengan cara menggali potensi dan kemampuan kita, punya talenta dan intelektualitas. Hal ini bertujuan untuk memuaskan pengguna karena pekerjaan yang kita lakukan akan ada pertanggung jawaban. Dan semua aktifitas di kehidupan ini adalah merupakan pilihan kita, mau jadi ini jadi itu, itu adalah pilihan kita, mau berbuat baik atau jelek adalah pilihan kita. Hasil kita sekarang adalah pilihan kita di masa lalu dan pilihan kita di hari ini akan menentukan kita di masa yang akan datang. Dan sekarang saya menjadi pustakawan di sebuah perpustakaan yang besar adalah merupakan hasil dari pilihan saya di masa lalu saya. Dengan cara saya ihtiarkan mulai dari saya belum menjadi pustakawan sampai saya bisa bekerja sebagai pustakawan di sebuah perpustakaan besar di salah satu perpguruan tinggi ternama. Dan apabila saya tidak memilih menjadi pustakawan di masa lalu mungkin saya tidak akan menjadi pustakawan seperti sekarang.

Dengan memilih menjadi pustakawan kita bisa mengembangan profesi kita yaitu dengan  mengikuti seminar kepustakawanan, lokakarya, menulis, menjadi pembicara dan melakukan penelitian yang akan meningkatkan wawasan pustakawan tentang bidang ilmunya. Apalagi dengan akan diadanya Sertifikasi Pustakawan bagi yang telah lulus uji kompetensi dan melewati proses sertifikasi, mereka akan diberikan sertifikat sesuai dengan mengikuti uji kompetensi yang mereka jalani. Dengan tujuan agar pustakawan diberi pengakuan formal (sertifikat) atas kompetensi yang dimiliki seorang pustakawan telah sesuai standar. Guna untuk meningkatkan profesionalisme pustakawan, dan menentukan kelayakan kesiapan seorang pustakawan dalam memberikan layanan informasi secara baik dan benar atau layanan prima.

http://library.its.ac.id/?p=102#more-102