Dispersip Kampar jadi tuan rumah pencanangan Bulan AKSHARA

Bangkinang Kota- Wujud nyata kepedulian PJ.Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM terhadap anak terlihat dari adanya pencanangan Bulan AKSHARA (Aksi Seribu Hari Pertama Kehidupan anak) untuk mewujudkan kan kabupaten BERIMAN (Bersih, Energik, Ideal, Inklusif, Mantap dan Nyaman) yang di gelar di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar pada Selasa pagi (28/06/2022).

PJ. Bupati Kampar dalam pidatonya menyampaikan bahwa anak merupakan aset berharga bagi suatu bangsa, karena akan menjadi penerus dalam pembangunan maka dari itu anak harus dijaga dengan sebaik mungkin dengan memperhatikan perkembangannya yang merupakan tanggung jawab bersama.

Oleh karena itu menurut Kamsol setiap anak harus terpenuhi haknya untuk tumbuh kembang yang dimulai saat pertama masa kehamilan hingga usia 18 tahun. 1000 hari pertama kehidupan merupakan periode emas dalam perkembangan anak karena pada masa itulah sel-selnya mulai berkembang.

Selanjutnya Kamsol juga menyatakan tentang perlunya pembentukan karakter terhadap anak, "Anak merupakan sebuah kertas putih yang harus ditulis dengan hal-hal positif maka dari itu perlu peran orang tua dan lingkungan yang baik untuk perkembangannya".

Tidak lupa Kamsol juga menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi kunci untuk membentuk karakter anak salah satunya dengan berliterasi, ajarkan anak dari usia dini untuk berliterasi, yang nantinya dimasa mendatang menjadi generasi penerus bangsa yang mumpuni.

Sekretaris Daerah kabupaten Kampar Drs. Yusri, M.Si dengan adanya pencanangan AKSHARA menghimbau seluruh elemen masyarakat agar bersinergi dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak yang merupakan tanggungjawab dari semua pihak, karena anak adalah penerus perjuangan dalam membangun bangsa.

Sementara itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar Ir.Nurhasani, MM juga memberikan dukungan penuh terhadap pencanangan Bulan AKSHARA ini, menurut nya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah melakukan upaya dalam pembentukan karakter anak, dengan adanya story telling yang tergabung dalam program GELIAT KAMU (Gerakan Literasi Untuk Kesejahteraan Kampar Maju) dimana didalam program ini anak-anak diberikan stimulan untuk perkembangan otaknya dengan metode-metode yang diberikan oleh Pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar.

Acara yang menjadikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar ini sebagai tuan rumah juga dihadiri oleh seluruh OPD yang ada dilingkungan pemerintah Kabupaten Kampar (DISPERSIP KAMPAR).