Pj. Sekda Kampar terima Bantuan Buku 3000 lebih Oleh Tanoto Foundation

Bangkinang- Bentuk dari sinergitas dalam pembangunan masyarakat kembali ditunjukkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip ) Kabupaten Kampar dengan Tanonoto Foundation yang pada hari ini (04/04/2023) yang dilaksanakan di Gedung Guru Bangkinang.

Adapun kegiatan kolaborasi ini melaksanakan Refreshment Serta Komitmen Kepala Sekolah Mitra didalam nya dilaksanakan akreditasi dan mendaftarkan Nomor pokok Perpustakaan (NPP) untuk Perpustakaan sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah atas sederajat serta penyerahan buku yang disumbangkan pihak Tanoto Foundation dalam Gerakan Menyumbang Buku (GERBANGKU) yang ditaja oleh Dispersip Kampar dalam mengantisipasi darurat buku dan kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M, Si, yang mewakili Pj. Bupati Kampar Dr. Kamsol, MM.

Hadir dalam kesempatan itu diantaranya Plt. Kepala Perpustakaan dan Arsip Kampar Elis Suryani, SE, Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Aidil, M,Si, Program Manajer Program Pintar Penggerak Tanoto Foundation Jakarta Mariyen Silalahi, Distrik Koordinator Program Manajer Program Pintar Penggerak Tanoto Foundation Rikson Simanjuntak dan seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP se-kabupaten Kampar.

 

Pj Sekda Kampar dalam arahannya mengucapkan dan mengapresiasi terima kasih serta sangat mendukung kegiatan yang ditaja Tanoto Foundation Kabupaten Kampar, sebab ini bertujuan untuk pemantik dan suplemen untuk menguatan program Literisasi dan sebagai pedoman pelaksanaan Kepala Sekolah dalam rangka memudahkan dalam melaksanakan tupoksinya secara rinci dan membantu kepala sekolah dalam meningkatkan kinerjanya untuk menjadikan sekolah yang berkualitas dalam mencerdaskan anak bangsa.

 

“Ini merupakan langkah tepat kita semua, dalam upaya pembinaan berkelanjutan terhadap sekolah-sekolah di Kabupaten Kampar, sehingga mampu mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan dan berakhlak, tentu kita harus melengkapi segala fasilitas penunjang termasuk perpustakaan ”ujarnya.

 

Lebih lanjut Azwan juga mengungkapkan harapannya semoga melalui upaya yang kita laksanakan sekarang akan lahir generasi kampar yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

 

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Pembina Pustaka Dispersip Kampar Bambang, S.Ip, M.Si yang ditunjuk sebagai moderator dalam kegiatan ini juga menyampaikan bahwa Dispersip Kampar Berusaha menghadirkan yang terbaik dalam pelayanan terhadap masyarakat termasuk juga memfasilitasi sekolah-sekolah dalam mengurus akreditasi dan mendapatkan NPP untuk perpustakaan sekolah yang ada di kabupaten Kampar ini.

Bambang juga menerangkan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat komunikasi dan visi yang sama dengan Tanoto Foundation dalam membangun Sumberdaya Manusia yang berkualitas. Tidak lupa Bambang juga menyampaikan program yang ada di Dispersip Kampar antara lain Gerakan Menyumbang Buku (Gerbangku), Gerakan Literasi Untuk Kesejahteraan Kampar Maju (GELIAT KAMU), Gerakan Literasi sekolah (GELIS).

Sebelum mengahiri penyampaiannya Bambang Juga kembali mengajak semua audiens untuk selalu datang kepustaka karena di masa sekarang sudah menjadi tempat yang fleksibel bukan hanya sebagai tempat membaca namun juga menjadi tempat dalam pengembangan diri.

Buku dari hasil Donasi Tanoto Foundation dalam program Gerbangku Dispersip tersebut diperuntukkan untuk murid Tingkat SD dan SMP, dengan jumlah buku donasi itu sebanyak 2. 856 eksemplar untuk Tingkat SD dan 575 eksemplar untuk tingkat SMP(Dispersip Kampar).