Perwakilan Perpusnas RI Kunjungi Dispersip Kampar, ini agendanya

Kabiro Perencanaan Perpusnas RI turun ke Kampar. Kehadiran Joko Santoso di Kampar guna melakukan verifikasi lapangan terhadap rencana pembangunan perluasan pelayanan perpustakaan Kabupaten Kampar dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Jika semua persyaratan dan administrasi telah terpenuhi, Insya Allah pembangunan perluasan layanan perpustakaan yang indah dan nyaman itu akan di mulai sekitar bulan Februari 2024 yang akan datang.
Kepala Biro Perencanaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), DR. Joko Santoso, M. Hum didampingi T. Wisnu Pamungkas, (27/07/23) kepada wartawan mengatakan, bahwa lokasi rencana pembangunan perluasan layanan perpustakaan yang diajukan oleh Perpustakaan Kabupaten Kampar merupakan lokasi yang berada pada tempat strategis. Selain berada di tengah kota, lokasi ini berada di pemukiman masyarakat yang padat dan dekat dengan beberapa perguruan tinggi, ungkap Joko Santoso.
Joko Santoso juga menjelaskan, bahwa gerakan literasi sangat penting untuk kita tingkatkan. “Masyarakat yang memiliki gerakan literasi tinggi, adalah masyarakat yang tinggi produksinya,” jelas Joko Santoso.
Joko Santoso juga mengatakan, setelah melihat kondisi perpustakaan Kabupaten Kampar, maka perlu dilakukan perluasan ruangan pelayanan yang lebih baik. Dana Alokasi Khusus (DAK) akan kita optimalkan pemanfaatannya. Terutama untuk memperluas ruangan pelayanan, ungkap Joko.
Setelah melihat kondisi lahan dan diskusi bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar serta tim PUPR Kabupaten Kampar, maka berdasarkan standarisasi pelayanan perpustakaan umum yang cukup, kita akan membangun perluasan ruang pelayanan perpustakaan Kabupaten Kampar dengan menggunakan DAK. Bangunan tersebut akan kita bangun 2-3 lantai dengan memakai Rooftop (area yang berada di bagian atap atau bagian paling atas pada bangunan). Sehingga Rooftop tersebut dapat mengakomodir kaum milenial atau dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan literasi. Rooftop bisa juga kita manfaatkan untuk kafe, ruang pertemuan terbuka, dan dapat pula dimanfaatkan untuk bermain musik bagi masyarakat penggemar musik. “Kita akan membangun ruang pelayanan yang memberikan kenyamanan, keindahan dan menarik masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan,” ungkap Joko Santoso.
Joko Santoso juga menjelaskan, untuk pembangunan yang memanfaatkan Dana Alokasi Khusus harus melalui beberapa prosedur. Saat ini kita berada pada fase verifikasi lapangan, sekitar awal bulan Agustus adalah fase sinkronisasi, bulan Oktober-November adalah fase penetapan alokasi. “jika semua fase kita lewati dan semua persyaratan kita lengkapi, maka sekitar bulan Februari tahun 2024 akan kita mulai pembangunan awal,” ungkap Joko Santoso.
Sementara itu, Plt. Kadis Elis Suryani, SE didampingi Kabid Pengembangan dan Pembina Pustaka, Bambang, S.Ip, M.Si menyampaikan harapannya, semoga Perpustakaan Kabupaten Kampar segera mendapatkan bangunan ruang untuk perluasan pelayanan pustaka untuk mendukung program literasi yang kita lakukan. Semoga pembangunan dengan DAK tersebut segera terealisasi secara baik dan benar. “Kita terus berupaya mengembangkan program gerakan literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan terus berupaya melaksanakan program untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kampar,” ungkap Elis Suryani.
Elis Suryani mengatakan, dengan adanya Pembangunan perpustakaan dengan dana DAK nanti, akan kita bangun 2-3 lantai dengan memakai Rooftop. Masyarakat akan dapat memanfaatkan Rooftop untuk berbagai kegiatan. ” Perpustakaan saat ini tidak hanya sebatas tempat meminjam dan membaca buku dalam ruangan saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang lain, pustaka sudah memiliki fungsi fleksibel juga bisa dijadikan tempat pengembangan diri” ungkap Elis Suryani.
Mengenai beberapa hasil diskusi dan catatan penting dari tim verifikasi Perpusnas RI yang harus segera dipenuhi, Elis Suryani mengatakan semuanya akan segera disiapkan dan dilengkapi ojeh Dispersip Kampar. “Insya Allah semuanya dalam waktu dekat segera kita persiapkan dan penuhi,” ungkap Elis Suryani dengan penuh Optimis(Dispersip kampar/ menitzone.com)