Workshop Mo Manuli dilaksanakan di Dispersip Kampar

Bangkinang- Fasda Perubahan dan Guru Penulis Kabupaten Kampar bersama dengan Tanoto Foundation dan Dispersip Kabupaten Kampar mengadakan kegiatan pelatihan menulis praktik baik yang diberi nama dengan ‘Workshop Mo Manuli’ di Aula Dispersip Kabupaten Kampar, Sabtu (12/8/2023).
Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Pengawas SMP Kabupaten Kampar, Supriani, S.Pd, M.Si dan berbagai narasumber yang terdiri dari Fasda Perubahan dan Guru Penulis tersebut di buka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan, Bambang, S.IP., M.Si.
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Pengawas SMP Kabupaten Kampar, Supriani, S.Pd, M.Si., dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa dengan kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan seorang guru sekaligus seorang penulis.
“Dengan kegiatan ini kita berharap dapat memberikan manfaatan untuk orang banyak dan juga dapat melahirkan guru-guru penulis yang dapat menguatkan literasi di sekolahnya,” ungkap Supriani.
Dalam kesempatan itu juga, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Kabid Pengembangan dan Perencanaan Perpustakaan, Bambang, S.IP., M.Si., dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa Dispersip akan mendukung kegiatan tersebut hingga nantinya dapat diterbitkan menjadi sebuah buku.
“Kegiatan ini sangat positif dan tentu Dispersip nantinya akan membantu dalam penerbitan buku sehingga dapat menjadi sebuah buku ber-ISBN,” ungkap Bambang.
Bambang juga mengatakan bahwa buku merupakan buah dari berliterasi seorang penulis yang dikemas kedalam sebuah buku, yang nantinya dari buku ini diharapkan lahirnya karya lain dari pembaca bukan hanya berupa tulisan atau buku hingga memberikan kesejahteraan.
Lebih lanjut Bambang juga menyampaikan kegiatan seperti ini juga merupakan agenda dari program yang disebut Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) serta Gerakan Literasi Untuk Kesejahteraan Kampar Maju (GELIATKAMU), "kesejahteraan bukan hanya bisa dicapai dari satu jalan saja namun bisa dari berbagai cara termasuk dalam menulis ini, inilah yang terus di gaungkan oleh Dispersip Kampar, membawa perubahan dan kemajuan dengan berlitersi" pungkas Bambang.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Nenny Litania, S.Pd., mengatakan, bahwa kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari semua pihak terutama dari Tanoto Foundation dan Dispersip Kabupaten Kampar.
“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan ini terutama kepada Tanoto Foundation sebagai penanggungjawab kegiatan dan juga Dispersip Kabupaten Kampar yang sudah menyediakan tempat untuk kami mengadakan kegiatan Workshop Mo Manuli ini,” ungkap Nenny dalam kata sambutannya.
Kegiatan Workshop Mo Manuli tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan pembawa acara oleh Era Madani Idil, S.Pd.Gr., diawali dengan berdoa yang dipandu oleh Suyani, S.Sy., M.Sy., dilanjutkan dengan ice breaking dipandu oleh Khairuzzuhri, S.Ag, M.Pd., dan Hafizah, S.Pd., M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama tentang Menulis itu Mudah dibawakan oleh Nenny Litania, S.Pd., selanjutnya materi kedua tentang Mengenal ChatGpt Al dibawakan oleh Suyani, S.Sy., M.Sy.
Kegiatan Workshop yang diikuti oleh 20 peserta dari berbagai sekolah di Kabupaten Kampar tersebut akan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, 2 kali secara luring dan 2 kali secara daring. Pertemuan pada hari Sabtu tersebut merupakan kegiatan pertama yang dilakukan secara luring, dan kegiatan Workshop tersebut nantinya akan berakhir pada 30 September 2023(Dispersip Kampar/frasametafora.com).