Dispersip Kampar Gelar Bimtek Replikasi TPBIS untuk Perpustakaan Desa

Pekanbaru- Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut setiap individu juga turut berkembang dalam berbagai hal, Sumber Daya Manusia yang mumpuni diperlukan dalam membangun peradaban yang lebih baik, untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar melaksanakan Bimbingan Tekhnis (BIMTEK) Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) untuk Perpustakaan desa, dimana perpustakaan desa nantinya dijadikan poros Pembangunan Masyarakat dengan literasi.

Kegiatan Replikasi TPBIS dilaksanakan Dispersip Kampar dimulai pada tanggal 27-29 Agustus 2023 di Hotel Grand Zuri Pekanbaru yang diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pengelola Pustaka dan pemerintah desa.

Bimtek yang dimulai pada hari Ahad ini diawali dengan Registrasi seluruh peserta dan pada hari senen (28/08/2023) dibuka secara langsung oleh Kadispersip Provinsi Riau Dra. Mimi yuliani N , Apt, MM.

Sebelum dibuka secara resmi, Kadispersip Provinsi memberikan kata sambutan tentang perpustakaan, dimana beliau mengatakan bahwa perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan Masyarakat, seluruh usia karena menurutnya perpustakaan memiliki tujuan meningkatkan ilmu pengetahuan sehingga melahirkan kreatifitas karena perpustakaan merupakan jendela dunia.

Kadispersip provinsi Riau juga menyampaikan bahwa perpustakaan berfungsi sebagai pemberdayaan Masyarakat untuk mengembangkan potensi berbasis literasi, untuk itulah kegiatan ini terlaksana memberikan bekal terhadap pengelola perpustakaan desa agar bisa memberikan bimbingan kepada Masyarakat untuk mencapai kesejahteraan” ujarnya.

Menyambung apa yang disampaikan Dra. Mimi Yuliani, Plt. Kadispersip Kampar Ir.Syahrizal, MM saat diminta menyampaikan sambutan, mengatakan bahwa selain perpustakaan sebagai tempat mengembangkan potensi diri, Pustaka juga memiliki peran sebagai benteng penyelamat generasi muda dari pengaruh negatif, selain itu menurut syahrizal, perpustakaan juga dapat menjadi ujung tombak kesejahteraan Masyarakat melalui literasi.

Syahrizal juga menyampaikan bahwa program Gerakan Literasi Untuk Kesejahteraan Kampar Maju (GELIATKAMU) yang merupakan program andalan Dispersip Kampar dalam membawa kesejahteraan untuk Masyarakat juga sudah mendapat juara III pada perlombaan inovasi tingkat kabupaten Kampar.

 Pada acara ini juga dihadiri oleh Kabid Pengembangan dan Pembina Pustaka Bambang, S.Ip, M.Si yang juga selaku penanggung jawab kegiatan ini, Pustakawan Ashadi Ainun, S.Pd.I, Musnimar, SE, Srie Hasniati, SP serta panitia yang turut menyiapkan acara ini.

Sedangkan Narasumber yakni Kadispersip Provinsi Riau Dra. Mimi yuliani N , Apt, MM, Kadispersip Kampar Ir.Syahrizal, MM,Kabid Pengembangan dan Pembina Pustaka Bambang, S.Ip, M.Si Wildan Hadi Putra, S.STP, M.Si , Riki Arianto, S.IP pustakawan dari Dispersip Provinsi Riau, IBRAHIM, S.Pd, M,Si dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar, ANITA Dispersip Siak(Dispersip Kampar).