Pj. Bupati Kampar diwakili Kadispersip kukuhkan Duta Baca Kabupaten Kampar 

Bangkinang - Setelah beberapa waktu yang lalu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar membuka seleksi Pemilihan Duta Baca Kabupaten Kampar periode 2023-2026, akhirnya terpilih 4 orang terbaik yang akan melaksanakan seleksi akhir.

Pada hari ini (Senen, 11/12/2023) bertempat di hotel Bangkinang Baru diadakan proses seleksi akhir dihadapan para juri, dimana peserta nanti akan diminta memaparkan gagasan, visi, misi dan ide dalam meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat.

Sebelum memasuki penjurian, Kabid Pelayanan Masniar, SE, MM selaku penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan tujuan pelaksanaan pemilihan Duta Baca Kabupaten Kampar adalah mencari icon yang memiliki Visi misi yang kuat dalam meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat, mempunyai kecintaan terhadap buku dan track record dalam literasi.


Acara dibuka oleh PJ. Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM diwakili oleh Kadispersip DR. Yuli Usman, M.Ag dalam arahannya mengatakan Duta Baca menjadi motor penggerak dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Kampar, Duta baca juga harus mempunyai komunikasi yang baik agar bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak dan mampu memanfaatkan segala sumber daya dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan literasi di kabupaten Kampar.

Lebih lanjut Yuli juga menegaskan bahwa literasi sangat penting dan memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari, pembentukan karakter serta pengembangan diri agar menjadi pribadi yang berkualitas sehingga Kampar maju dan melaju kearah yang lebih baik.

Adapun 4 orang peserta yakni Sintia Devi dari Kecamatan Perhentian Raja, Reza Addelia dari kecamatan Kampar, Intan Muliani dari Kecamatan Kampar, dan Rezky Firmansyah dari Kecamatan Bangkinang .
Rezky Firmansyah terpilih Sebagai Duta Baca Kabupaten Kampar periode 2023-2026 dan langsung di kukuhkan oleh Pj. Bupati Kampar yang diwakili oleh Kadispersip DR. Yuli Usman, .M.Ag 

Sedangkan dewan juri yakni Kabid Pengembangan dan pembinaan perpustakaan Bambang, S.Ip, M.Si, David Hendra, S.P Kabid pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar,Wildan Hadi Putra, S.STP, M.Si Pustakawan dari Dispersip Provinsi Riau, Edward pustakawan Dispersip Kampar (Dispersip Kampar).