Dispersip Kampar Launching Aplikasi SRIKANDI

Bangkinang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Selasa pagi (12/12/2023) di Rumah Dinas(Balai) Bupati Kampar yang di hadiri Pj. Bupati Kabupaten Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs. Imam Gunarto, M.Hum melalui Via Zoom,Ketua Tim Pembinaan Kearsipan Wilayah Barat I Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dra. Sulistyowati, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Provinsi Riau Dra.Mimi Yuliani N,Apt,MM, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) , Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, serta Kepala Desa yang ada dilingkungan pemerintahan Kabupaten Kampar.
Kadispersip Kabupaten Kampar DR. Yuli Usman, M.Ag saat menyampaikan tujuan pelaksanaan Launching SRIKANDI mengatakan dengan aplikasi SRIKANDI ini arsip yang dibuat dan dikelola dalam SPBE akan lebih optimal, dalam melindungi kepentingan hak keperdataan masyarakat dan dengan SRIKANDI diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan transparan.
Kepala Arsip Nasional Drs. Imam Gunarto, M.Hum melalui Via Zoom, mengajak untuk tinggalkan cara lama dalam mengelola Arsip ,dan beralih kecara baru berbasis digital. Dengan menggunakan (Srikandi) akan merangkum melacak dan indentifikasi arsip secara cepat, registrasi untuk pelestarian arsip digital milik komunitas, sistem pengamanan arsip jangka panjang yang dipindahkan secara otomatis dari tempat penyimpanan.
Sebelum Launching Srikandi Pj. Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE,MM memberikan Apresiasi terhadap Dispersip Kampar, dengan pengaplikasian Srikandi ini Firdaus berharap terciptanya pemerintahan efektif dan tata kelola arsip yang lebih baik.
Pj Bupati Kampar dalam arahan singkatnya menyampaikan  selamat sekaligus menyerahkan Piagam dan piala kepada kepada Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas PU Perkim serta harapan satu DPMPTSP dan harapan dua Disduk Capil serta Dinas Pariwisata yang memperoleh terbaik I dalam pemusnahan Arsip, serta desa yang telah menyerahkan arsip statis desa Teratak kec Rumbio jaya.
Dengan demikian, kedepan seluruh OPD sudah mulai aktif menggunakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dalam surat menyurat.
Dimana, aplikasi ini sendiri merupakan hasil kolaborasi Arsip Nasional Republik Indonesia dengan Kementerian Kominfo, Kemenpan –RB , BSSN,  Sehingga tugas dan fungsi dalam proses pengaplikasian Srikandi di Kabupaten Kampar juga sudah ada pembagian tugasnya.
Apabila OPD terkendala dengan proses penciptaan surat menyurat, maka akan berkoordinasi dengan Dispersip, OPD terkendala dengan TTE (Tandatangan Elektronik) dan jaringan Internet, berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Kampar.
Dengan adanya Aplikasi ini, Firdaus berharap kepada semua stakeholder untuk mendukung kelancaran dalam pemakaian aplikasi ini. “Mari sama-sama kita saling bahu-membahu agar aplikasi ini lancar kita gunakan," ujar Firdaus"(Dispersip Kampar).