Dispersip Taja Gebyar Literasi pemilu damai

Bangkinang- Literasi bukan hanya sekedar berkutat dengan buku saja, namun literasi termasuk kedalam seluruh sendi kehidupan, seperti halnya yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar melaksanakan Gebyar Literasi Talkshow Pemilu Damai yang dilaksanakan di lapangan Dispersip kampar pada  Selasa Pagi(19/12/2023).
Kabid Pengembangan Bambang, S.Ip, M.Si selaku ketua pelaksana kegiatan pada penyampaian laporannya menyampaikan bahwa tujuan diadakan Gebyar Literasi Talkshow Pemilu Damai, agar masyarakat dapat memahami apa arti dari pemilu, menaikkan literasi masyarakat terhadap pentingnya menggunakan hak suara, serta menangkal isu- isu Hoaks yang dapat memecah belah masyarakat menjelang pemilu.
Sementara itu Kadispersip DR.Yuli Usman, M.Ag saat menyampaikan arahannya mengatakan bahwa penting bagi masyarakat memiliki literasi pemilu, agar masyarakat memberikan hak pilih kepada yang akan menyuarakan suaranya nanti, Kadispersip juga mengatakan bahwa acara ini juga bertujuan memberikan pemahaman kepada msyarakat agar bijak memilih calon dan menciptakan pemilu nyaman, sejuk dan persaudaraan tetap terjaga.
” Dengan adanya Talkshow pemilu damai diharapkan mampu menciptakan iklim politik yang kondusif bagi keseluruhan proses pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan sukses dan aman, netralitas TNI/POLRI serta Aparatur Sipil Negara lainnya tetap terjaga” ungkap Kadispersip.
Talkshow pemilu damai yang di taja oleh Dispersip Kampar ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kampar, sedangkan Narasumber berasal  dari  komisioner KPU Drs. H. Sardalis, Kadispersip DR. Yuli Usman, M.Ag, Duta Baca Kabupaten Kampar Rezky Firmansyah.
Pada acara ini juga diadakan Bazar Literasi, dimana barang yang di jual pada bazar ini merupakan hasil literasi masyarakat yang sudah mendapat bimbingan Dispersip Kampar melalui pustaka yang ada di kecamatan dan desa masing- masing.
Di akhir acara, diumumkan pemenang pustaka terbaik tingkat Sekolah Dasar yang diraih SD 006 Langgini, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari SMP 1 Bangkinang Kota, Sedangkan tingkat desa diraih Oleh Desa Bukit Kratai(Dispersip Kampar).