Dispersip Kampar Kunjungi Dispersip Bengkalis

Bengkalis- Bambang, S.Ip, M.Si Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan wakili Kadispersip Kabupaten Kampar DR. Yuli Usman, M.Ag kunjungi Dispersip Kabupaten Bengkalis (Senen, 12/08/2024) didampingi Pustakawan dan staf yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuan Guru Haji Ahmad Kabupaten Bengkalis, Hendrik Dwi Yatmoko, S.Sos, MT di ruang kerjanya.
Pertemuan antara dua dinas yang sama namun beda kabupaten ini membahas berbagai upaya peningkatan Tingkat Kegemaran membaca masyarakat (TGM) dan Indek Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM).
Pada pembahasannya Bambang mengungkapkan upaya dalam menaikkan TGM dan IPLM masyarakat memang harus diiringi dengan inovasi yang tujuan menarik minat masyarakat karena di era sekarang pengaruh Digitalisasi sangat kuat, maka dari itu menurut Bambang harus mempunyai inovasi yang mumpuni agar rasa ingin masyarakat terhadap membaca dan berliterasi dapat meningkat.
Bambang juga menjelaskan bahwa Dispersip Kampar memiliki berbagai inovasi untuk menaikkan TGM dan IPLM masyarakat meningkat yakni Gerakan Literasai Untuk Kesejahteraan Kampar Maju (GELIATKAMU) , Gerakan Menyumbang Buku (Gerbangku), Gerakan Seribu Penulis Kampar (GESAPENA), Gerakan Literasi Sekolah (GELIS) yang semuanya itu diperuntukkan menumbuhkan minat masyarakat berliterasi, karena literasi merupakan kunci sukses dari kehidupan.
Selain itu Bambang juga menjelaskan bahwa inovasi Dispersip Kampar juga telah memberikan hasil menaikkantaraf hidup masyarakat.
Mendengar penjelasan yang disampaikanBambang, Kadispersip Bengkalis Hendrik memberikan apresiasi  bahwa Dispersip Kampar dinilai berhasil dalam menaikkan taraf hidup masyarakat dengan  literasi, hal ini juga memantik keinginan Hendrik untuk melaksanakan Memorandum Of Understanding (MOU) antara kedua dinas demi memajukan masyarakat dengan literasi.
Diakhir pertemuan tersebut Bambang juga menerima keinginan Kadispersip Bengkalis untuk melaksanakan MOU antara dua dinas , Bambang berpendapat dengan mengadakan MOU ini makin banyak memberikan data- data berharga sehingga nantinya akan menjadi bahan evaluasi dan masukan guna tercapainya masayarakat meraih kesejahteraan denga literasi.
Mou sendiri direncanakan dalam waktu dekat yang rencananya akan diadakan di Dispersip Kampar (Dispersip Kampar).