Oleh:
Sri Ati Suwanto
1. Pendahuluan
Pada era globalisasi ini telah terjadi banyak perubahan- perubahan yang melanda bidang kepustakawanan. Perubahan-perubahan pada bentuk informasi dan kebutuhan saling berkomunikasi untuk mendapatkan informasi telah mengakibatkan perubahan kebutuhan dan pencarian informasi di perpustakaan.
Dalam beberapa tahun terakhir, beranekaragam sumber informasi elektronik banyak dikembangkan oleh para pustakawan dan penerbit, khususnya di negara maju. Berbagai informasi cetak, yang selama ini merupakan sumber utama perpustakaan tradisional, sekarang telah banyak yang tersedia dalam bentuk elektronik. Perkembangan sumber informasi baru ini didukung oleh perkembangan yang pesat di bidang teknologi informasi dan khususnya sistem informasi perpustakaan sebagai salah satu sarana yang semakin penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi.
Dalam layanan informasi perpustakaan, semula pemakai hanya dapat menemukan informasi yang ada di perpustakaan tersebut secara manual, kemudian berkembang dengan memanfaatkan komputer dan intranet dapat ditelusur melalui OPAC, dan berkembang lagi dapat diakses melalui internet atau yang sekarang dikenal dengan istilah Web 1.0. Dengan cara ini pemakai sudah banyak yang terpuaskan karena dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka butuhkan.
Berbagai jenis program telah dikembangkan untuk penelusuran online ini. Tetapi cara penelusuran informasi perpustakaan ini masih bersifat satu arah atau one-way flow of information, yang hanya kita bisa baca tanpa bisa berkomentar. Perkembangan terbaru saat ini adalah munculnya konsep yang dapat memenuhi syarat perpustakaan yang berorientasi pemakai. Konsep ini dikenal dengan nama Library 2.0, yang dapat memberikan layanan informasi yang bersifat dua arah, dan lebih interaktif. Dengan Library 2.0, layanan perpustakaan benar-benar dapat menampilkan bermacam-macam hal seperti photo, music, data, blog, Wikipedia, Facebook, Friendster, sampai dengan dunia virtual semacam “Second Life.” Pemakai dapat ‘berkomukasi’ dengan sistem, bekerjasama, dan saling melengkapi.
Perkembangan dari perpustakaan biasa atau ‘konvensional’ ke perpustakaan elektronik dan kemudian ke perpustakaan digital sangat terkait dengan perubahan karya-karya informasi dan perubahan layanan informasi, yang pada akhirnya menuntut perubahan pekerjaaan pustakawan. Sistem pengelolaan perpustakaan pun tentu saja juga berkembang, dari pemanfaatan program-program yang bisa untuk automasi perpustakaan, dengan menampilkan kartu katalog perpustakaan, katalog ‘On-line’, yang dibuat oleh pustakawan, sampai pada sistem dimana pemakai dapat ‘memasukkan/ meng-entry’ sendiri artikel/buku yang mereka miliki dan membuat katalog sendiri.
Perubahan-perubahan tehadap sistem layanan perpustakaan inilah yang akan disoroti dalam makalah ini, khususnya perubahan layanan informasi. Perubahan terhadap sistem layanan perpustakaan sangat perlu dimengerti oleh pustakawan atau pengelola perpustakaan, agar pustakawan atau pengelola perpustakaan dapat meningkatkan layanannya sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi untuk perpustakaan dan perpustakaan tetap diminati pemakainya.
Tulisan ini menggunakan metode tinjauan literatur, karena layanan perpustakaan yang benar-benar berbasis Web 2.0 belum ada di Indonesia. Literatur berasal dari karya-karya para ilmuwan yang berasal dari berbagai jurnal, baik dari Website, maupun journal asli, dan beberapa buku yang mungkin agak lama, karena merupakan teori dasar dai Ilmu Perpustakaan dan informasi.
2. TINJAUAN LITERATUR
2.1 Perpustakaan Elektronik
Sebelum membahas Perpustakaan elektronik, kita bahas pengertian perpustakaan secara umum terlebih dulu. Perpustakaan secara umum didefinisikan sebagai suatu gedung atau ruangan tempat menyimpan bahan pustaka yang disimpan menurut tata susunan tertentu dan digunakan untuk pembaca. Yang dimaksud bahan pustaka mencakup karya cetak seperti buku, majalah, desertasi dan laporan, dan karya non-cetak atau karya rekam, seperti rekaman audio, video, kaset, piringan hitam, bentuk mikro, seperti mikrofilm dan mikrofis, serta karya bentuk elektronik, seperti disket, CD-ROM,. (Sulistyo-Basuki, 1991) Definisi ini merupakan gabungan definisi perpustakaan secara konvensional/ tradisional/biasa, dan definisi menurut IFLA.
Dalam perkembangannya kemudian, terjadi perubahan dari perpustakaan ‘biasa’ ke perpustakaan elektronik, ditandai dengan adanya tambahan koleksi elektronik, seperti disket, kaset dan CD-ROM, dan Perpustakaan Digital, serta Perpustakaan Maya.
Perpustakaan Elektronik adalah perpustakaan yang mengkoleksi media elektronik analog yang masih memerlukan lokasi fisik, atau gedung perpustakaan, ruang baca, meja referensi, meja sirkulasi,dan lain sebagainya.
Kemudian dalam perkembangannya diantara perpustakaan Elektronik dan Perpustakaan Digital ada Perpustakaan yang dikenal dengan nama Perpustakaan Hibrida. Perpustakaan Hibrida juga masih memerlukan gedung dan lokasi fisik ditambah jaringan Internet, dll. dengan koleksi tercetak dan elektronis serta digital, masih ada ruang baca, tetapi sudah ada ruang maya, meja referensi juga masih ada, ditambah referensi maya. Perpustakaan Digital: adalah perpustakaandengan atau tanpa lokasi fisik, koleksi digital, ruang dan refernsi maya. Sedangkan Perpustakaan Maya: adalah perpustakaan tanpa lokasi fisik, koleksi seluruhnya digital, ruang dan referensi maya.( Pendit, 2009). Perpustakaan ini hanya dapat dilihat dari Website, karena lokasi fisiknya mungkin ada, tetapi hanya berupa ruangan yang berisi satu komputer dan seperangkat CD Rom sebagai koleksi pokoknya.
2.2 Web 2.0
Sebelum membahas Library 2.0 atau Perpustakaan 2.0, perlu kita ketahui bahwa istilah Perpustakaan 2.0 berasal dari terjemahan ‘library 2.0’ berawal dari konsep Web 2.0 yang merupakan generasi ke 2 dari WWW. Web 2.0 atau parcipatory Web yang menggambarkan bagaimana teknologi WWW dimanfaatkan oleh aplikasi-aplikasi yang berkembang saat ini untuk berkolaborasi dengan para penggunanya dari seluruh penjuru dunia. Aplikasi yang memungkinkan itu adalah blog dan wiki. Dua aplikasi itu digunakan pengguna untuk berkontribusi terhadap isi Website lain.
Pada tahun 2004, Tim O’Reilly memprakarsai sebuah seminar dengan menggunakan nama Web 2.0. Menurut Paul Graham (Dalam Sudarsono, 2009), nama 2.0 muncul dari sebuah brainstorming uneuk memberi nama konferensi tentang Web yang baru. Pada sesi pertemuan berikutnya Tim O’Reilly mencoba mendefinisikan ulang Web 2.0. Batasan yang muncul adalah beberapa kriteria sebagai berikut:
- Web 2.0 menggunakan jaringan sebagai landasan kerja yang menjangkau semua perlatan terkoneksi
- penerapan Web 2.0 memanfaatkan keunggulan hakiki landasan kerja tsb.
- menyediakan piranti lunak yang secara terus menerus diperbaiki karena semakin banyak pengguna yang berpartisipasi dalam upaya itu.
- memakai dan memadukan data dari beragam sumber termasuk dari setiap individu pemakai.
- menyediakan data dan jasa dalam format yang mungkin dipadukan oleh pihak lain
- menciptakan keunggulan jaringan dengan memakai arsitektur yang cocok untuk partisipasi berbagai pihak.
- melebihi kemampuan Web 1.0 karena diperkaya oleh pengalaman para pengguna.
Kriteria di atas menunjuk pada dua hal yang saling mendukung dan menguatkan, yaitu sisi teknologi dan sisi hubungan manusia dalam bentuk partisipasi. Sisi teknologi diwakili oleh kelompok perangkat seperti Blog, wikis, podcast, RSS, feeds, dll. Sedangkan sisi sosial diwakili dengan tebentuknya jejaring sosial ( Sudarsono, 2009).
2.3 Web 2.0: Membangun perpustakaan baru
Miller, Paul (2005), mengembangkan beberapa issue saat itu seputar konsep Web 2.0 dan artinya, untuk perpustakaan dan organisasi-organisasi terkait. Web 2.0 adalah suatu istilah yang sedang hangat dibicarakan, dan bahkan telah menimbulkan histeri dari suatu Dot.Com pada tahun 1990-an di San Fransisco. Bahkan suatu media yang sangat dihargai, seperti Business week menjadi terperanjat dengan adanay Web 2.0 tsb, dan suatu konferensi yang mahal pada Oktober 1990 telah dipadati pengujung..Muncul pertanyaan dari Paul, “jadi Web 2.0 adalah sesuatu yang riil, ataukan hal itu segala sesuatu untuk jalan dimana kami harus meneruskan pekerjaan kami? Ataukah hanya suatu gagasan yang akan meledak jika kami membiarkannya untuk beberapa bulan”
Kemudian Paul (2005) menjelaskan dalam suatu paper, dan sesuatu yang mungkin berkembang dimasa depan, seorang temannya Tim O’Reilly berusaha mendefinisikan konsep Web 2.0, dan memberikan diagram yang sangat berguna untuk menggambarkan beberapa ide yang berhubungan. Diagram tsb. sebagai berikut:
Dari gambar tsb. Kita dapat melihat bahwa Penempatan strategik Web sebagai suatu platform (program), memerlukan penempatan pemakai, dimana anda mengontol data anda sendiri. Kompetensi inti yang diperlukan adalah : Layanan, arsitektur partisipasi (pemakai), kemampuan men skala biaya effektif, sumber-sumber data yang ditandai dan tronsformasi data, perangkat lunak diatas semua tingkat dalam suatu sarana tunggal, memanfaatkan intelegen kolektif. Hal ini semua memerlukan dukungansuatu ‘sikap, bukan suatu teknologi’, mengikuti dengan diam-diam (the Long Tail), data, sebagai ‘Intel’ di dalam, perangkat lunak yang semakin baik saat digunakan pemakai, kekayaan pengalaman pemakai, kepercayaan pemakai, dan lain sebagianya, semua hal yang melingkar dari tengah kotak kebawah. Di samping itu untuk penempatan Web sebagai platform memerlukan kekayaan pengalaman pemakai menggunakan Gmail, Google dan AJAX, kepercayaan pada Wikipedi, partisipasi pada blog, dan lain sebagainya yang ada diatas kotak segi empat.
Tak lama setelah menerbitkan papernya, Reilly (2005) mengunggah suatu difinisi singkat ke dalam blog perusahaannya.
Menurut Tim O Relly, jaringan Web 2.0,adalah suatu jaringan internet yang dipandang sebagai suatu platform, yang memutar semua jaringan yang terhubung Yang tergolong sebagai aplikasi Web 2.0, adalah aplikasi-aplikasi yang dapat menarik manfaat paling besar dari platform tersebut. Sifat-sifat aplikasi Web 2.0 misalnya:
- aplikasi diluncurkan sebagai layanan (service) yang selalu dimutakhirkan secara berkesinambungan (continually-updated), yang secara otomatis bertambah bagus seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggunakannya,
- mengkonsumsi dan "remix" data dari berbagai macam sumber (termasuk dari pengguna-pengguna individual), sambil tetap menyediakan data dan layanan mereka sendiri, secara sedemikian rupa sehingga tetap dimungkinkan untuk di-remix oleh pihak lain,
- menciptakan "network effect" melalui "arsitektur kepesertaan" (architecture of participation),
- menuju pencapaian yang lebih dari sekedar metafora laman Web seperti dalam Web 1.0, untuk memberikan pengalaman antarmuka pengguna yang meriah (rich user interface.
3. HASIL
3.1 Layanan Perpustakaan 2.0 (Library 2.0).
Dari beberapa literatur yang dikaji didapatkan hasil bahwa pencetus gagasan Perpustakaan 2.0 (Library 2.0) adalah Michael E. Casey yang di tulis di dalam Blog-nya. Disebutkannya bahwa inti dari Perpustakaan 2.0 (Library 2.0) adalah perubahan orientasi kepada pemakai. Yaitu suatu model yang menganjurkan perubahan yang beralasan dan terus menerus, dengan mengundang partisipasi pemakai dalam mengkreasikan layanan, baik secara fisik maupun maya sesuai dengan keinginan mereka, yang didukung oleh evaluasi layanan secara konsisten. Layanan tsb juga berusaha untuk mendapatkan pemakai baru dan layanan yang lebih baik dan terbaru melalui penawaran pengembangan kepada pemakai. Setiap komponen berusaha sendiri untuk meningkatkan layanan yang lebih baik kepada pemakai. Dengan mengkombinasikan semua implementasi ini kita dapat mencapai Library 2.0. (Casey, Michael E & Savastinuk Laura C, 2006)
Pengaruh pendekatan yang ditandai dengan prinsip Web 2.0 dan teknologi menawarkan kepada perpustakaan berbagai kesempatan untuk melayani pemakainya dengan lebih baik, dan mencapai diluar dinding perpustakaan dan Website dari institusinya untuk mencapai keuntungan yang potensial dimana mereka kebetulan mendapatkannya, dan di asosiakan dengan tugas yang kebetulan mereka tangani.
Perpustakaan 2.0 (Library 2.0) dapat merevitalisasi cara kita berinteraksi dan melayani pemakai kita. Jantung Perpustakaan 2.0 adalah perubahan yang berpusat pada pemakai. Perpustakaan 2.0 merupakan model layanan perpustakaan yang mendorong perubahan berkelanjutan yang bermanfaat, dengan mengundang partisipasi pemakai dalam mencipta serta mengevaluasi, baik layanan fisik maupun maya yang mereka kehendaki. Perpustakaan 2.0 (Library 2.0) juga berupaya mencari pemakai baru dan melayani pemakai yang sudah ada dengan lebih baik. (Casey, M.E & Savastinuk L.C2006). Kemudian ditambahkan Casey bahwa teknologi, meskipun tidak diperlukan sekali, dapat membantu perpustakaan-perpustakaan menciptakanpengendalian pemakai, lingkungan 2.0. Teknologi 2.0 telah memainkan peranan penting terhadap kemampuan kita untuk tetap menjaga perubahan-perubahan kebutuhan dari pemakai perpustakaan.Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun lalu di negara-negara maju. telah memungkinkan perpustakaan-perpustakaan membuat layanan baru, sebelum adanya Library 2.0 menjadi memungkinkan layanan-layanan, seperti layanan referens maya, OPAC , media yang dapat di unduh, dimana pemakai perpustakaan dapat merasa puas di perpustakaan mereka sendiri. Library 2.0 meningkat dalam hal kemampuan teknologinya, dengan memberikan perpustakaan-perpustakaan kemampuan untuk menawarkan perbaikan, dan kesempatan layanan yang dikendalikan oleh pemakai.
Sementara itu Manees (2006), mendefinisikan bahwa Library 2.0 adalah penerapan teknologi yang didasarkan pada Web multimedia yang interaktif, kolaboratif, pada layanan perpustakaan dan koleksi yang berdasarkan Web, dan menganjurkan diadaptasi oleh komunitas Ilmu Perpustakaan. Manees membatasi definisi pada layanan yang berdasarkan Web, tidak layanan perpustakaan secara umum, untuk menghindari kebingungan yang cukup potensial dan membolehkan istilah tersebut untuk diteliti, di-teorikan lebih lanjut, dan memberikannya wacana profesional yang lebih bermanfaat. Selanjutnya disebutkan bahwa Library 2.0 adalah komunitas virtual yang berdasarkan pemakai. Library 2.0 adalah kaya secara sosial, sering merupakan space yang tidak menganggap semua orang sederajad. Sementara itu, pustakawan bertindak sebagai fasilitator dan memberikan dukungan, dia tidak mungkin menjadi penanggung jawab utama terhadap kreasi dan isi Web tsb. Dalam beberapa hal, Library 2.0 adalah perpustakaan yang benar-benar virtual (maya), suatu manifestasi Web dari perpustakaan sebagai tempatnya. Meskipunn dalam prakteknya perpustakaan tersebut masih menyimpan koleksi tercetak, namun yang disyaratkan di sini adalah koleksi digital. Denngan demikian terkait dengan berbagai jenis perpustakaan tersebut di atas, Perpustakaan 2.0 (Library 2.0) adalah termasuk Perpustakaan Digital.
Menurut Manees (2006) teori Library 2.0 memliliki empat elemen penting, yaitu :
a. Perpustakaan ini berorientasi pada pemakai.
Para pemakai berpartisipaasi pada penciptaan isi dan layanan mereka pandang didalam Web perpustakaan, contohnya OPAC, konsumsi dan penciptaan isinya dinamis, dan oleh karena itu peran pustakawan dan pengguna tidak selalu jelas.
b. Perpustakaan ini memberikan suatu pengalaman multi-media.
Baik koleksi maupun isi Library 2.0 berisi komponen-komponen video dan audio. Meskipun hal ini sering tidak disitir sebagai fungsi Library 2.0., disini disarankan seharusnya demikian.
c. Perpustakaan ini kaya masyarakat pemakai. Keberadaan Web tersebut termasuk kehadiran pemakai. Ada cara baik sinkronisasi (Contohnya. IM) dan a-sinkronisasi bagi pemakai (contohnya Eikis) untuk berkomunikasi satu sama lain dan dengan pustakawan.
d. Perpustakaan ini bersifat inovatif secara komunitas.
Hal ini mungkin mungkin aspek yang paling penting dari Library 2.0. Perpustakaan ini bersandar pada fondasi perpustakaan sebagai suatu layanan komunitas, tetapi harus dimengerti hbahwa karena komunitas berubah, perpustakaan pasti tidak berubah bersama mereka, tetapai harus mengijinkan pemakai untuk merubah peprustakaan. Perpustakaan 2.0 mencari perubahan yang terus menerus layanannya, untuk menemukan cara untuk memperbolehkan komunitas, tidak hanya para individu untuk mencari, menemukan dan menggunakna informasi.,
3.2 Jenis-jenis Layanan Perpustakaan berbasis Library 2.0.
Dari beberapa artikel di atas telah diketahui bahwa Library 2.0 adalah suatu komunitas maya yang berorienntasi kepada pemakai. Tetapi konsep yang menjadi pondasi kehadiran suatu Web perpustakaan dan bagaimana Web tersebut harus berevolusi ke dalam suatu kehadiarn multi media yang membolehkan pemakainya untuk tampil sekaligus, dan baik dengan perpustakaan atau pustakawan atau dengan sesama pemakai lainnya, adalah benar-benar kebutuhan dalam pengembangan. Ramalan-ramalan berikut kemudian akan menjadi lebih spekulatif dan prediktif. Hal tsb. berarti mengembangkan secara konseptual dan memberikan suasana kepada yang terlibat. Web dan perpustakaan yang terlibat sebagaimana digambarkan di atas, sebagai suatu sarana untuk memfasilitasi inovasi dan eksperimen dalam layanan perpustakaan elektronik dan hal-hal berikut tidak berarti lengkap. Berikut beberapa contoh Layanan Perpustakaan 2.0 (Manees, 2006) :
a. RSS Feeds
RSS Feeds dan teknologi lainnya yang semacam memberikan kepada pemakai suatu cara untuk mempersatukan dan mempublikasikan kembali isi dari situs lain atau blogs, mengumpulkan isi dari dari situs lain ke dalam suatu tempat tersendiri, dan tampaknya menyuling (mendistilasi) Web tersebut untuk penggunaan personal mereka. Sindikasi isi seperti itu adalah penerapan lain dari Web 2.0 yang telah mempunyai dampak pada perpustakaan-perpustakaan dan terus mengerjakan seperti hal itu dengan cara yang luar biasa.
Setelah perpustakaan mengkreasikan RSS Feeds untuk pemakai untuk melanggannya, termasuk meng up-date artikel-artikel baru dalam suatu koleksi, layanan baru, dan isi baru dalam pangkalan data langganan, perpustakaan tersebut juga mempublikasikan kembali isi dari situs mereka.
b. Mashups.
Mungkin Mashup adalah suatu konsep tunggal yang menjadi fondasi dari semua teknologi yang didiskusikan dalam artikel ini. Mashup adalah aplikasi yang dicangkokkan, dimana dua atau lebih layanan digabung ke dalam satu layanan yang benar-benar baru. Sebagai contoh suatu pangkalan data Algoritma yang memungkinnkan pemakai mencari gambar, tidak hanya berdasarkan metadata-nya, tetapi juga data tsb secara fisiknya. Pemakai mencari gambar dengan mensketsa gambar tersebut. Beberapa teknologi didiskusikan di atas adalahMashup.
Library 2.0 adalah mashup. Mashup tersebut adalah suatu blog hibrida (suatu blog yang dihasilkan dari 2 sistem yang berbeda), wikis, media streaming, pengumpul isi, berita instant, dan jaringan sosial. Library 2.0 mengingatkan pemakai ketika mereka masuk (Log-in) kedalam suatu sistem. Library 2.0 memperbolehkan pemakai mengedit data OPAC dan metadata, menyimpan tag pemakai, surat menyurat instant dengan pustakawan, memasukkan data wiki dengan pemakai lain, dan mengkatalog semua tentang hal tsb. dengan pemakai lain, dan pemakai dapat membuat semua bagian dari profil yang dipublisitaskan, pemakai dapat melihat apa yang dimiliki oleh pemakai lain, pinjam meminjamkan, dan diciptakan katalog yang sangat besar yang dikendalikan pemakai serta dicampurkan dengan katalog tradisional.
4. Kesimpulan
Library 2.0 adalah benar-benar perpustakaan yang berorientasi pada pemakai dan dikendalikan oleh pemakai seutuhnya.. Hal tsb adalah penggabungan dari layanan perpustakaan tradisional dan layanan yang berbasis Web 2.0 yang inovatif. Hal tsb. adalah perpustakaan untuk abad 21, yang kaya dengan isi, interaktif, dan kaya aktifivitas sosial
Ciri paling jelas dari library 2.0 adalah terjadinya relasi interaktif, multiarah, dan partisipatif antara pengguna dan pustakawannya, serta sistem kerja dan koleksi yang bersifat kolaboratif (dari banyak sumber) selalu dinamis. Praktik library 2.0 di Indonesia dapat ditandai dengan mulai berkembangnya software sistem otomasi perpustakaan (SOP). Baik yang bersifat gratis (open source, seperti ”Senayan” dan ”Athenaeum Light”) maupun yang berbayar.
Ciri-ciri layanan Library 2.0 adalah ditandai dengan adanya layanan-layanan :
1) ‘Chat Reference’ atau ‘Instance messaging’ yaitu layanan yang dapat langsung berbungan dengan pustakawan secara On-line, tanpa menunggu waktu untuk mendpatkan balasannya.
2) Media Streaming, yaitu salah satu bagian dari layanan Chat Reference, yang menambahkan pangkalan data tutorial dengan bahan ajar On-line ( Peer Reviewed Instructional Material Online / PRIMO). Dalam prakteknya dapat dilakukanan dengan penambahan layananRepository Digital.
3) Blog dan Wikis. Blogs untuk perpustakaan-perpustakaan merupakan bentuk lain dari publikasi. Wiki utamanya adalah halaman Web yang terbuka, dimana setiap orang yang terdaftar dengan Wiki dapat mempublikasikannya, mengembangkannya dan merubahnya. Hal tersebut dapat merubah kepustakawanan, pengembangan koleksi yang kompleks dan instruksi keberaksaraan informasi (information literacy).
4) Jaringan sosial. MySpace, Facebook, Del.icio.us, Frappr dan Flickr, adalah jaringan kerja yang telah menikmati popularitas besar-besaran dalam Web 2.0. Jaringan sosial lain yang patut dilakukan di perpustakaan adalah ‘LibraryThing’ yang memungkinkan pemakai mengkatalog buku mereka sendiri dan melihat apa yang dilakukan pemakai lain men-share-kan buku tsb.
5) Tagging (Pe-ngetag-an). Dalam Library 2.0 pemakai dapat me-ngetag koleksi perpustakaan dalam katalog dengan menambahkan kata (Subjek) yang umum dipakai di masyarakat, tanpa membuang subjek yang telah dibuat pustakawan; dan oleh karenanya pemakai berpartisipasi dalam proses pengatalogan. Pe-ngetag-an (Tagging ) membuat penulusuran tambahan menjadi lebih mudah.
6) RSS Feed. RSS Feeds dan teknologi lainnya yang semacam memberikan kepada pemakai suatu cara untuk mempersatukan dan mempublikasikan kembali isi dari situs lain atau blogs, mengumpulkan isi dari dari situs lain ke dalam suatu tempat tersendiri. Setelah perpustakaan mengkreasikan RSS Feeds untuk pemakai untuk melanggannya, termasuk meng up-date artikel-artikel baru dalam suatu koleksi, layanan baru, dan isi baru dalam pangkalan data langganan, perpustakaan tersebut juga mempublikasikan kembali isi dari situs mereka.
7) Mashups. Mashup adalah aplikasi yang dicangkokkan, dimana dua atau lebih layanan digabung ke dalam satu layanan yang benar-benar baru.Library 2.0 adalah mashup. Mashup tersebut adalah suatu blog hibrida (suatu blog yang dihasilkan dari 2 sistem yang berbeda), wikis, media streaming, pengumpul isi, berita instant, dan jaringan sosial. Library 2.0 mengingatkan pemakai ketika mereka masuk (Log-in) kedalam suatu sistem. Library 2.0 memperbolehkan pemakai mengedit data OPAC dan metadata, menyimpan tag pemakai, surat menyurat instant dengan pustakawan, memasukkan data wiki dengan pemakai lain, dan mengkatalog semua tentang hal tsb. dengan pemakai lain.
Model spesifik dari Perpustakaan 2.0 akan berbeda untuk setiap perpustakaan. Setiap perpustakaan mempunyai titik permulaan yang berbeda. Melalui kolaborasi antara staf dan pemakai, akan dapat mengembangkan ide yang jelas tentang bagaimana model ini dapat bekerja untuk perpustakaan Anda.
DAFTAR PUSTAKA
1. Casey, Michael E. dan Laura C. Savastinuk, 2006. Library 2.0 :Service for the next-generation library-- Library Journal, 9 Januari.
2. Levine, Jenny .January 30, 2006. Library 2.0 in the Real World. ALA Tech Source. www.ALA TechSource.
3. Miller, Paul. 2005. Web 2.0: Building the New Library, Ariadne Issue, No.45, Oktober.
4. Jack M., Maness , 2006. Library 2.0 Theory: Web 2.0 and Its Implications for Libraries Webology, Volume 3, No. 2, June.
5. Pendit, Putu Laxman, 2009. Perpustakaan Digital : Kesinambungan dan dinamika.Jakarta: Cita Karya Mandiri.
6. Shanhi, R. ( 2006 ) . Web 2.0: data, metadata, and interface, dalamManess,